Selasa, 12 April 2011

Cerita Rakyat

Pak Alui Pulakng Nobas
Peneliti: Bastian
Informan: Reka

Jediy Pak Alui ke umow, nobas umow. Nobas umow, sedakng des pulakng kan pulakng. Pulakng akher eh, begegap, setelah nyuw konuw kedodas antuw, demow eh Antuw Sanokng. Antuw Sanokng tuw adalah antuw malam. ngasow keragow antuw, rinyet nayiy, nayiy di kayuw gira` demow eh. Demow kayuw tei gira`. Sampai ke edatn kayuw gira`, edatn kayuw di taiy eh, yow pun betahan diynuw. Antuw Sanokng itu tadiy nak nayiy jum, cabut isaw di kelasiy eh kuliiy kayuw gira`, laluw akher eh kuliy kayuw gira` habis konuw kelasiy eh, antuw Sanokng noleh eh naiyiy. Celow eh Pak Alui pun noleh turun. Laluw bemalam-malam nyuw, Pak Alui di pucow gira`, antuw Sanokng di eputn eh.
Kemudian sampai siakng, antuw Sanokng pun kan lariy. Dah nyuw detakng biniy eh, ngogow lakiy eh tei, ngogow Pak Alui. Gogow tei peratiy, di pucow gira`.
“Ha ... Ji Pak Alui, akuw tebengkokakng Now Alui ei, naiy uleh, piy turun noleh. Potiy carow kuw turutn tuw”.
“Jediy ji bini eh gei, sabow kau jak yakng di pucel, kei kaw turun”.

Mat am tek, pucel sabow, singkol eh ke datn gira`. “Ne ji eh now detakng”, Ji biniy eh gei, “di tariy agey pulah singkol be awak, kei kuw ngenyolak rantai muntiy tuw kuw isey ketn sabow kaw agey yakng di dengaw”.
Ji eh mat am, amel am tek ke dengaw. Di singkol laluw dijulow ken muntiy. Dah nyuw tei maseh now tentuw detakng. Gow nyuw tei, ngerurus dariy betakng nyuw tei, ntum ngelumpat. Dah somak dem tek ke tanah.
“Lopas des am, aman, ji eh gei”. Tapiy ji eh ”kuw laluw cum am kei sabow kuw, nak ngimel yakng di atas now detakng nak nguleh eh.
Ji biniy eh, “jemulaw kuw tuw am kei ebekng-ebekng sabow kaw kei manuw ke dengaw.
Jediy mat am tek, pucel le biniy eh jemulaw eh. Jediy beebekng-ebekng ken nyuw am manuw ke dengaw, pulakng ke dengaw.
Dah pulakng ke dengaw, “ngopai detn tepemalam”, ji anak eh.
Ji eh, “oi konuw keragow antuw Sanokng”, jak ji eh gei “antuw Sanokng noleh eh naiy, akuw noleh turutn, betomuw ketn inow kaw. Akal eh dow, pakai sabow kei kuw pulakng”.
“nyeh lapar now Pak?” ji anak eh gei.
“yow lapar”.
“Dow dah nasei rompah, kajiy kuw detn matiy, kuuuur semongat apak”, ji eh.

Dah nyuw makan am Pak Alui tek.
Ji ana` eh, “mun dah makan tidor rekng Pak”,
Ji apa` eh,”ow”.

Dah makatn, dah konyang, ngudut, dah nyuw samel ngudut nyuw kan istrahat, ngalai-ngalai. Setelah dah ngalai ceritow pun selesai. Sekian.


2. Bahasa Indonesia

Pak Alui Pulang Nebas
Jadi Pak Alui pergi ke ladang, sedang menebas rumput dan hama yang tumbuh di sekitar pohon padi di ladangnya tersebut. Pada saat nya untuk pulang, maka Pak Alui juga pulang. Maka pulanglah Pak Alui, tetapi kemalaman ditengah jalan. Setelah itu, karena pulang malam maka dikejar dan ditakuit oleh hantu. Namanya Hantu Sanokng. Hantu Sanokng ini merupakan hantu yang berkeliaran di malam hari. Merasa dikejar hantu, Pak Alui pun lalu memanjat pohon Girak. Sampai ke dahan kayu tersebut, dia pun lalu bertahan didahan tersebut. Sementara itu, Hantu Sanokng pun juga ingin memanjat kayu tersebut. Ambil parang, lalu dikulitilah kulit kayu tersebut, sehingga pohon kayu tersebut menjadi licin dan Hantu Sanokng tidak bisa naik ke dahan kayu itu. Sialnya, karena kulit kayu sudah hilang dan pohon kayu menjadi licin, Pak Alui pun menjadi tidak bisa untuk turun ke tanah. Maka semalaman itu, Pak Alui tidur diatas pohon girak.
Esoknya, Hantu Sanokng pun sudah pergi. Datanglah istrinya mencari dia. Mencari dan terus mencari rupanya Pak Alui ada di dahan kayu girak.
“Ha”, kata Pak Alui, saya tadi malam tertidur dipohon ini karena tidak bisa pulang, gara-gara dikejar hantu, naik bisa tetapi turun tidak bisa”.
Jadi kata Mak Alui, “celana (dari kulit kayu) itu saja yang kamu koyak dan digunakan untuk turun”.
Maka Pak Alui pun melepas celananya disobek dan diikat ke dahan kayu girak lalu digunakan untuk turun. Tetapi, ternyata celana tersebut masih belum datang ke tanah.
Kata Pak Alui,” ini tidak nyampai ke tanah”.
“Ini saya berikan pengikat kepala saya untuk menambah celana (dari kulit kayu) untuk kamu turun”, kata Mak Alui.
Dan akhirnya karena sudah tersambung, maka Pak Alui perlahan-lahan mulai turun.
Sampai ke tanah, “aman”, katanya.
Tetapi kemudian karena celananya sudah digunakan untuk turun maka sekarang Pak Alui sudah tidak memakai celana lagi. Ia pun berkata kepada istrinya “haduh celana saya sudah digunakan untuk turun tadi, mau mengambilnya ke atas, tangan saya tidak datang”.
Jawab Mak Alui,”ini pakai kain ini saja untuk kamu pulang”.
Jadi benarlah, dengan menggunakan kain pemberian istrinya Pak Alui pulang ke rumah.
Sampai dirumah, “kenapa bapak tidak pulang semalam?, kata anaknnya.
Jawab Pak Alui, ”oii ... semalam bapak dikejar Hantu Sanokng”, lanjutnya, Hantu tidak bisa naik ke atas pohon, tetapi bapak juga tidak bisa turun, untung tadi bertemu dengan mama kamu”.
Lalu kata anaknya, ”apakah bapak lapar?”.
“Ya, lapar”.
“Ini sudah ada makanan yang saya masak, saya kira bapak sudah meninggal, (kuuuur) semangat bapak”.
Setelah itu, makanlah Pak Alui.
Kata anaknya, “setelah makan bapak istirahat saja”.
Kata Pak Alui, “iya”.
Selesai makan, perut pun kenyang, merokok, sambil baring-baring, Pak Alui pun istirahat. Sekian.

0 komentar:

Posting Komentar