Selasa, 12 Maret 2013

Analisis Struktur Naratif Maranda


     CONTOH ANALISIS NARATIF MARANDA PADA CERITA ABAKNG INAL
     Oleh: Bastian Arisandi

   Rumus Struktur (alur)
   N= a (x1::x2) : (b+c) (z5)//
   (a+b)(y1) : a(x11) : a(x3b) :: b(z2)//
    a(x4+x9) :a (x20) :: a(x5+x6) : a(x14) : a(x7+x18)//
    (a+f)(y2) : a(x10) : a(x19) : a(x8g) :: a(x12::x15)//
    a(x17) :: a(y1+h) : a(x21:x22)//
    (g+j)(y3) : (a+g)(y6) : (a+g)(y4) : (a+g)(y5) :: (b+c)(z6)::h(a-1)


 Penjelasan Rumus
Abakng Inal adalah seorang anak yang menderita penyakit kusta/puru, sehingga dia diasingkan dari kampung. Ayah dan ibunya sudah putus asa dan  pasrah melihat keadaan Abakng Inal.
Abakng Inal  dan Ayahnya pergi ke pondok di hutan belantara, lalu Abakng Inal ditinggalkan ayahnya sendiri. Karena Abakng Inal anak yang penurut, ia percaya dengan janji ayahnya untuk mengantarkan makanan tiap hari, padahal ayahnya berbohong.
Abakng Inal nekat hendak pulang ke kampung. Ia berjalan di tengah hutan, sehingga ia tersesat bahkan tidak tahu lagi jalan pulang ke pondok. Kemudian Abakng Inal mandi di kolam di tengah hutan, ternyata setelah dia mandi penyakit kusta yang dideritanya sembuh. Ia menjadi sangat tampan.
Abakng Inal bertemu dengan nenek Kabayan. Abakng Inal tumbuh menjadi lelaki yang dewasa dan rajin bekerja. Abakng Inal menyukai dan mencintai Cincinari, seorang gadis dari kampung Bawakng. Ia penasaran ingin melihat Cincinari, tetapi selalu gagal sehingga ia kecewa.
Abakng Inal pergi ke kampung Bawakng ingin menemui Cincinari, tetapi  Abakng Inal hanya bertemu dengan ibu Cincinari. karena tidak bertemu dengan Cincinari, Abakng Inal pulang ke rumah nenek Kabayan lagi. Ia berubah menjadi laki-laki yang tua.
Cincinari dan dua orang pengantarnya pergi ke rumah nenek Kabayan. Cincinari dan Abakng Inal pulang ke rumahnya di Bawakng. Abakng Inal dan Cincinari kawin. Mereka menjemput ayah dan ibu Abakng Inal untuk menyaksikan peresmian perkawinan mereka. Ayah dan ibu Abakng Inal senang melihat Abakng Inal masih hidup dan kawin dengan Cincinari.
   Rumus Fungsi
X3+X4+X7+X9+X10+X14+X17+X18+X19+X20+X21+X22+Y1+Y2+Y3+Y4+Y5+Y6+Z6>X1+X2+X5+X6+X8+X11+X12+X13+X15+Z1+Z2+Z3+Z4+Z5

 Penjelasan Pumus
Keberanian dan kesabaran pasti akan mampu mengalahkan ketakutan dan putus asa. Keberanian dan kesabaran dalam menghadapi masalah, pasti akan mampu mengalahkan masalah dan dan cobaan yang dihadapi, karena jika seseorang sabar dalam menghadapi masalah dan cobaan maka ia akan menemukan jalan keluar yang mengantarkannya pada kebahagiaan dan kesuksesan. 

0 komentar:

Posting Komentar